Belanja di Onlineshop

Sesuai judulnya gue mau sedikit cerita tentang belanja di instagram. Gue udah orang lama yang suka beli barang di onlineshop dan alhamdulillah gue gak pernah tipu. Tapi baru-baru ini gue demen yang namanya beli barang di instagram. Apa aja ada di sana, dari kebutuhan ujung rambut sampe ujung kaki tersedia. Dan sekarang gue merasakan banget suatu kalimat di buku PJP 'Jangan percaya sama yang namanya iklan.' . Coba deh lo telusuri ig apalagi yg jual baju, itu harganya murah murah abis. Sweater aja gocapan dapet dan itu gaya gaya anak hipi. Kemudian mari kita kembali lagi ke kalimat 'Harga menentukan kualitas.' .

Dulu nih gue pernah beli barang online rame-rame sama temen gue. Temen-temen gue pada beli sweater yang 50ribu-an. Kalo gue? Sorry aja gue gak tertipu harga murah HAHA. Beberapa hari kemudian barang nya sampe..... asli jelek banget bahannya. Mana tipis, benang wol nya cepet berbulu gitu. Warnanya juga beda sama di foto. Biasanya siklus nya begini >> liat di foto cakep - liat harganya murah - langsung pesen - pas nyampe barang nya jelek - bete - akhirnya cuma jadi sampah lemari . Dari pada lo jadi orang-orang yang terkena siklus itu, di sini gue mau kasih sedikit wejangan.

  1. JANGAN TERGIUR HARGA DAN FOTO !!! lebih baik lo minta foto asli itu barang nya. Jadi lo bisa menerka-nerka apa yang nanti nyampe di rumah lo. Biar gak nyesel! . Tau sendiri lah manusia mana yang gak mau barang murah tapi (katanya)oke.
  2. Jangan lupa liat bahan dan segala macem detail nya. Sesuai atau enggak. Misal nih ya lo beli baju gak liat bahan detail nya. Pas udah nyampe bahannya panas dan gak nyaman. Nyesel deh! . Kalo lo gak tau bahan-bahan yang tertera di detail barang nya tinggal buka google.
  3. Coba liat testimonial nya. Gimana respon yang udah beli. Selain melihat respon puas/enggak pembeli sebelumnya lo juga bisa menyelidiki itu onlineshop penipuan atau enggak.
  4. Bandingkan harga. Pengalaman gue liat-liat baju di instagram dari acc ke acc lain ada barang yang sama tapi harga beda. Hal kayak gini biasanya karena yang jual tangan kedua,ketiga,keempat,dll. Usahain cari tangan pertama. Tapi kalo gak dapet yaudah lah, harga beda ya paling cuma goceng.
  5. JANGAN TAKUT BELI DI OLSHOP NEWBIE/SEPI LIKE/SEPI FOLLOWERS. Dulu nih pas jaman-jaman nya gue suka kpop gue pernah beli pin sama gantungan. Olshop nya sepi terus murah. Tapi pas dateng sesuai keinginan kok dan nyampe tepat waktu. Ya namanya juga orang baru,sepi ya wajar. Jadi jangan nethink dulu, tapi juga harus tetep hati-hati ya.
Note : Harga memang menentukan barang tapi ada juga beberapa yang murah dan bagus. Yang penting lo teliti dan bijak dalam membeli. Jangan tergiur janji manis penjual karena lidah tak bertulang. Oke Bye

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My First Digital Camera (Canon Ixus 145)

The Last Five Years (2015)

Beli barang di lazada zonk? Siapa bilang!